Khazanah Riset Kedokteran Militer

RSPAD GATOT SOEBROTO Sebagai Hospital Research University

          Penelitian itu merupakan akarnya kehidupan, karena memuat penjalaran kolateral yang mengisi sumbu tanah dengan oksigenisasi, mekanisme biokimiawi dan mekanik untuk membuat tanah tersebut tetap subur. Proses ini ‘bak’ salah satu elemen amal jariah ilmu yang dimanfaatkan.

            Penelitian itu bertaut dengan spirit dan inovasi, menjadi cermin besar untuk memancarkan energi terbarukan, mengisi relung ide, sehingga menjadi brain memory base, bahwa progresifitas dari keilmuan akan menukik menjadi akar yang kuat, mengalirkan cahaya diatas cahaya. Riset kehidupan menjadikan gulungan akar tersebut sebagai penopang kuat inovasi pohon keilmuan diatasnya

            Pemahaman terhadap spirit inovasi menjadi penting bagi setiap peneliti di rumah sakit yaitu:

(1) Spirit inovasi menjadi wajah dan cerminan awal rumah sakit dalam menerapkan mutu penelitian berbasiskan pelayanan (translational research)

(2) Spirit inovasi menjadi sanggul untuk menjaga ilmu yang dimiliki disetiap kepala peneliti tetap terjaga dan terpelihara.

(3) Spirit inovasi menjadi ransel yang melekat pada setiap peneliti untuk menguatkan tulang belakangnya, sehingga tulang menjadi penguat untuk meningkatkan kompetensi keilmuan.

(4) Spirit inovasi menjadi barometer lingkungan rumah sakit, yaitu terbentuknya budaya meneliti dengan tidak melupakan pelayanan pasien secara maksimal.

(5) Spirit inovasi menjadi wahana berjalannya pembentukan karakter peneliti, untuk memiliki kemandirian jiwa juang  menjalani penelitian berikutnya

(6) Spirit inovasi menegakkan keyakinan terhadap setiap peneliti untuk membangun nilai nilai reliabilitas dan validitas dalam proses menjadi pelayan pasien yang terbaik. Sehingga nilai keilmuan yang dipelajari harus senantiasa dijaga dan dipertahankan.

     Alhamdulillah, sekelumit buku kecil ini merupakan perjuangan panjang dari sejarah riset RSPAD Gatot Soebroto yang sudah terbentuk sejak awal berdirinya rumah sakit ini. Melekatkan satu penelitian dengan penelitian lain menjadi kerangka besar khazanah riset, sungguh bukanlah pekerjaan yang mudah. Berkat ketekunan dan kerjasama semua pihak ,buku ini terwujud sebagai wajah cerah RSPAD Gatot Soebroto masa depan.

Silahkan di buka PDF Khazanah Riset High Reliability Organization Hospital Research University

Bagikan