Hospital Education dan Mutu Kehidupan (6)

Mutu kehidupan berjalan bak air mengalir, bergerak dari hulu menuju hilir. Air dengan kemurnian kandungan mineralnya yang berbeda, menentukan sejauh mana menentukan kualitas hidup bagi yang mengkonsumsinya. Air bagaimanapun membawa enzim kehidupan berupa lafaz-lafaz kesemestaanNya. Dengan lafaz tersebut menginternalisasi tubuh kita, mengikuti siklus biokimia tubuh (creb) membentuk energi kehidupan. Energi kehidupan itu tidak sekedar fisik, namun jiwa untuk semangat dalam bekerja dan berinovasi. Terjaganya istiqomah spirit kehidupan ini, jangan lupa ditentukan oleh pola makan kita dan keluarga yang halallan thoyyibah. Konsep ini adalah clinical pathway mutu kehidupan.

Pendidikan kesehatan di rumah sakit juga berderas sebagai air mengalir, namun memiliki cabang cabang pelayanan yang harus dibinanya. Sejauh mana kita memperhatikan pendidikan sebagai elemen penting performance rumah sakit menjadi akreditasi berkesinambungan. Kondisi ini belum dipahami manajemen, bagian diklat, partisipasi klinisi dan perawat yang peduli mendidik. Pendidikan kesehatan di rumah sakit selain berbasis problem solving, mengembangkan pola andragogi dalam pendidikan di rumah sakit. Pola andragogi merupakan antitesa dari pola pedagogi, dimana nilai kemandirian dan kemampuan dalam mengambil keputusan sebagai entitas utama.

Pola ini sudah menjadi tuntutan untuk setiap peserta didik yang akan menjalani program pendidikan di rumah sakit, dalam rangka pendidikan keperawatan, ko asisten atau pendidikan spesialis. Untuk itu perlu dibekali beberapa kemampuan, diantaranya pemahaman dasar-dasar penyakit, proses dan patofisiologi penyakit,  kolaborasi dan interaksi pelayanan. Konsep ini adalah clinical pathway pendidikan kesehatan di rumah sakit.

Sangat sulit pada saat ini, jika suatu lembaga pendidikan rumah sakit kurang memberikan empati terhadap berkembangnya kompleksitas penyakit pada tingkat klinis dan  komunitas. Mendorong peserta didik memiliki kemampuan beragam keilmuan dasar sebagai titik pijak pelayanan rumah sakit, yang memberikan dampak peningkatan kemampuan keilmuan peserta didik. Untuk itu perlu kesadaran dari kita untuk mewujudkannya.

Kesimpulannya :

Clinical Pathway mutu kehidupan adalah bagaimana kita menyikapi kandungan mineral air sebagai energi tubuh untuk inovasi hidup. Clinical Pathway Pendidikan kesehatan di rumah sakit merupakan energi pelayanan untuk terjaganya performance rumah sakit

Demikian sharing ke-6 peran Rumah Sakit Pendidikan……

Bagikan

Comments are closed.