Bijak Antibiotik-Bijak Kehidupan (8)

      Multi resisten kehidupan merupakan cabang kehidupan yang beraroma bunga yang sedang mekar. Kok bisa begitu ya ? Pola pikir bahwa resistensi kehidupan merupakan suatu penghalang untuk mewujudkan tujuan dan cita bersama sepertinya perlu di daur pikir ulang.

Multi resisten kehidupan sebenarnya membawa multi energi bagi yang memahami, sebab dibalik itu menguak fenomena kehidupan yang belum muncul selama ini. Fenomena itu adalah berkembangnya (mutasi) agen kehidupan baru yang ingin berperan untuk merubah dan mengganggu sistem kehidupan yang sudah mapan.

Kesannya mengganggu ya, ingin merubah zona aman kehidupan yang sudah dijalani. Multi resisten memiliki dua sisi yaitu positif dan negatif. Sejauh mana kultur dan kebijakan kehidupan tersebut menyikapinya. Menghadapi Multi Resisten Kehidupan perlu effort khusus, mungkin terhadap suatu keputusan / manajemen diatas kebijakan yang sudah ada selama ini. Untuk itu perlu leadership yang kuat. Kita harus memahami multi resisten kehidupan merupakan jalan menuju peradaban yang lebih baik.

Multi Resisten Antibiotik merupakan cabang dari mekanisme pengendalian infeksi di rumah sakit, mungkin dalam kondisi tertentu untuk tingkat komunitas. Multi Resisten Antibiotik yang lebih kerennya sebagai MDR saat ini menjadi momok dalam manajemen penyakit infeksi di rumah sakit, khususnya rumah sakit rujukan. Mengingat kompleksitas penyakit dan komorbid yang dirujuk sudah sedemikian berat, bahkan sudah menggunakan berbagai antibiotik.

MDR memiliki dua makna yaitu filosofi antibiotik dan filosofi zona aman antibiotik. Makna filosofi antibiotik memiliki pengertian sebagai perwujudan keamanan penggunaan antibiotik untuk kemanfaatan tubuh. Makna zona aman antibiotik memiliki pengertian MDR menerobos pakem tubuh (host) dan virulensi yang merubahan mekanisme biokimia tubuh (mutasi) sehingga antibiotik tersebut menjadi tidak efektif terhadap target jaringan yang terinfeksi. Untuk mengatasi hal tersebut, memerlukan kompetensi bidang tropik infeksi yang mengelola diatas kebijakan manajemen antibotik yang sudah ada.

Kesimpulannya : Multi Resistensi Kehidupan merupakan zona kehidupan tersendiri  untuk menerobos  suatu lingkungan kehidupan dengan  kemaknaan perubahan. Multi resistensi antibiotik merupakan zona kemampuan antibiotik memodifikasi dirinya untuk  merubah struktur tubuh kita untuk agar kurang berdaya menghadapi infeksi yang terjadi.

Demikian sharing ke 8, Bijak Antibiotik – Bijak Kehidupan…….

Bagikan

Comments are closed.