“ONE HEALTH-ONE SECURITY” dan DINAMISASI KEHIDUPAN (3)

Bergeraknya tatanan bernegara, ditentukan sejauh mana kehidupan masyarakatnya memahami peran dan pola berpikir kemandirian dan berdaulat, untuk mempertahankan bangsanya.

Dinamisasi kehidupan yang menjadi titik tolak adalah, simpul-simpul akar kehidupan menjalar kelapisan bumi dan merambat kelapisan puncak pohon, sebagai manifestasi ketahanan bangsa.

Kapasitas simpul masyarakat yang perlu dibangun, berbasiskan stratifikasinya, mensosialisasikan perspektif berpikir untuk menjadi satu bagian dari rantai global kehidupan, sesuai derajat dan fungsinya.

Mata rantai tersebut sebagai spirit kebersamaan dari tingkat desa ke tingkat regional kehidupan, sehingga negara memiliki jiwa berdaulat dalam menghadapi tantangan global dunia.

Global Health Security Agenda (GHSA) merupakan tantangan global saat ini yang menjadi perhatian utama dunia. GHSA menjadi pendulum tarik ulur problematika keamanan kesehatan dunia yang merambah area dimensi regional dan nasional masing masing negara.

Kondisi ini menuntut suatu spirit baru bagi setiap negara untuk meredefinisi kembali peran dan fungsi ketahanan nasionalnya dalam bidang kesehatan.

GHSA tidak hanya berkutat di bidang infeksi, namun situasi global politik, ekonomi, migrasi serta perubahan iklim, mewarnai struktur keamanan kesehatan dunia, sehingga setiap negara mengupayakan merumuskan kembali fungsi rapid, detect, prevent dan respond-nya berdasarkan karakteristik peta geomedik dan kekuatan partisipasi masyarakat sebagai kekuatan ketahanan nasional.

Perspektif yang perlu dibangun dalam menghadapi GHSA dan outbreak adalah, perspektif sosial global, perspektif lingkungan global, perspektif interelasi lingkungan dan penyebaran infeksi dan perspektif mikro-inveronmental-clinical diseases, sebagai mekanisme proses penyebaran infeksi terkait dengan mikrobiologi-imunologi dan mutasi gen.

Kesimpulan  :

Perspektif global kehidupan adalah bergeraknya kedaulatan negara sebagai spirit setiap stratifikasi masyarakatnya. Perspektif GHSA adalah bergeraknya pendulum kebijakan global kesehatan merambah setiap negara mengelaborasi health security-nya

Demikian sharing ketiga, “One Health – One Security” dan Dinamisasi Kehidupan…..

 

Bagikan

Comments are closed.