Pendidikan kesehatan saat ini menuju era partisipatif digital. Apakah ada yang salah ? Tidak juga karena hal ini merupakan kenyataan faktual yang harus dihadapi. Digital pendidikan kesehatan telah membuat setiap individu terlibat untuk mengetahui dan memahami suatu problematika kesehatan. Kondisi faktual ini, menunjukkan bahwa nilai suatu ‘ilmu’ kesehatan memiliki arti penting, sebagai bagian dari keseharian, bahkan kedetikan kehidupan. Namun demikian, apakah pendidikan kesehatan  dapat menjadi indikator mutu kehidupan ? bisa ya dan tidak, tergantung perpektif pendekatan yang menjadi acuan. Filosofinya, pendidikan kesehatan diharapkan dapat menjadi ikon  menjalin suatu kualitas hidup sehat yang lebih baik.

Bagaimana  Pendidikan kesehatan di rumah sakit ?  Pendidikan kesehatan merupakan suatu proses kohesi berkelanjutan untuk membangun mutu rumah sakit yang baik.  Mutu rumah sakit merupakan salah satu elemen penting disamping keselamatan pasien dan bergeraknya kontrol infeksi. Ketiga komponen tersebut, menjadi tautan dan aliran dalam proses berkesinambungan akreditasi rumah sakit. Mutu menjadi pilar dan landasan filosofis  dan menjadi titik tumpu yang mengikat jalannya pelayanan kesehatan dalam koridor yang sudah menjadi kebijakan rumah sakit.

Mutu mengandung pengertian filosofis, yaitu nilai dan parameter keberhasilan suatu pelayanan. Filosofi mutu  adalah suatu nilai luhur variabel pelayanan yang menjadi dasar memandu struktur, proses dan keluaran yang berjalan di rumah sakit. Dampak yang muncul adalah  kualitas kerja yang  berakselerasi kinerja,  dengan mekanisme berorientasi  output dan feed back  peningkatan kualitas rumah sakit.

Nilai mutu merujuk kepada pengembangan pola objektif  yang  mengacu  sistem dan proses yang bekerja di rumah sakit. Pola objektif tersebut merupakan gerbang pembuka perjalanan penilaian mutu berasaskan kemampuan rumah sakit mempertahankan konsistensi dan kompetensi pelayanan kepada pasien

Kesimpulannya :

Pendidikan kesehatan dan mutu kehidupan merupakan tautan penting berjalannya menuju kualitas hidup yang lebih baik. Pendidikan kesehatan di rumah sakit merupakan rajutan penting untuk mutu dan keselamatan pasien.

Demikian sharing ke -2 peran Rumah Sakit Pendidikan……

Bagikan
Translate »