Merah Putih Nusantara Sehat dan Kedaulatan Bangsa

HUT KEMERDEKAAN KE 75 TAHUN 2020

Merah Putih Nusantara Sehat dan Kedaulatan Bangsa

        Buku Sumber Daya dan Gagasan Kesehatan Bangsa Untuk Pembangunan Berkelanjutan adalah salah satu pernik keilmuan dari beragam dan luasnya gagasan kesehatan bangsa yang dituangkan oleh berbagai ahli-pakar yang lebih mumpuni dari penulis. Penulis hanya salah satu elemen kecil yang mencoba berkontribusi menggurat kata demi kata sejak mahasiswa dan perjalanan menjelang akhir sebagai dokter militer. Harapannya adalah kesehatan bangsa yang lebih baik.

Pengantar Penulis

          Nusantara sehat dan kedaulatan bangsa merupakan tautan penting ‘bak’ jabat tangan erat yang enggan lepas. Keduanya memuat gagasan dan sumber daya yang perlu dibangun dan dipertahankan dengan sekuat tenaga. Nusantara sehat adalah wadahnya dan Kedaulatan bangsa adalah tiang-tiang kokoh. Nusantara sehat menjelajah tanah-tanah di pelosok dengan menyapa ramah problematika kesehatan dan memberikan alur sintesis dan solusinya. Kedaulatan bangsa memberikan pisau tajam menguatkan dan memutus mata rantai penyakit untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas.

          Nusantara sehat dan kedaulatan Bangsa tidak sekedar melihat dari perspektif kuratif, preventif, rehabilitatif dan promotif. Terbentang luas paparan dan alam kesehatan di negri yang sangat besar ini, nilai-nilai dan pola kesehatan yang terkait dengan dimensi kultural dan sosial. Pendekatan yang diperlukan tentunya tidaklah sekedar kebijakan yang bertumpu kepada data-data statistik kesehatan, tetapi melihat lorong yang lebih luas terdapatnya data-data kekuatan muatan lokal untuk menguatkan sistem kesehatan nasional, diantaranya penguatan health security.

          Nusantara sehat dan kedaulatan bangsa adalah integritas dari wawasan kesehatan nusantara, memberikan pintu-pintu terbuka investasi dan enterpreunership kesehatan dapat berkembang di masyarakat. Tali temali ini memerlukan sumber daya yang mumpuni baik tenaga kesehatan, puskesmas, posyandu, rumah sakit dan rumah sakit rujukan. Rantai ini saling bertaut membangun tidak hanya evakuasi medis, namun transformasi kualitas kesehatan yang lebih baik.

          Nusantara sehat dan kedaulatan bangsa memberikan paradigma berpikir tentang bagaimana membangun suatu System thinker dan Networking thinker. System thinker adalah kompetensi dan profesionalitas kesehatan yang mumpuni yang mampu menembus sekat pelayanan kesehatan dan membauat kanal-kanal baru. Networking thinker adalah jejaring sosial yang dapat didayagunakan sebagai kekuatan teritorial bangsa untuk kualitas hidup sehat yang lebih baik.

          Kumpulan tulisan ini merupakan kunci-kunci untuk pemberdayaan kesehatan bangsa yang memiliki rantai inti: Pemberdayaan Teritorial dan Integrasi Kesehatan Bangsa – Sustanaibility Development Community – Community Oriented Health BaseChanging Medicine – Changing Society.

Pengantar dr Nafsiah Mboi

          Salah satu energi bangsa untuk pembangunan kesehatan berkelanjutan adalah jiwa juang, yaitu karakter dasar yang perlu dibentuk setiap tenaga kesehatan dalam pengabdiannya. Salah satu karakter yang perlu dilekatkan adalah kerja keras dan inspiratif. Sikap dan perilaku ini akan menjadi kultur kita dalam menjalankan tugas di berbagai area penugasan, terutama jika kita menjejak di daerah terpencil dengan problematika kemiskinan dan derajat kesehatan yang rendah.

          Kebijakan pro aktif dari kerja keras dan inspiratif akan memunculkan pemikiran baru untuk menginisiasi konsep menjadi program yang terimplementasi mengembangkan kesetaraan kesehatan yang berfokus kepada promotif dan preventif.         

          Pemerintah dan masyarakat merupakan dua sinergi yang berjalan bersamaan untuk tujuan pembangunan kesehatan yang lebih baik. Pemerintah menggagas langkah kebijakan agar pembangunan kesehatan berkelanjutan berdampak signifikan kepada meningkatnya taraf hidup rakyat, dan fase kelanjutannya tumbuh kesadaran bahwa kesehatan merupakan hak setiap orang sekaligus tanggung jawab kita bersama.

          Pelayanan kesehatan berkelanjutan (A Model for Sustainable Health Care) adalah salah satu titik tumpu prioritas pembangunan kesehatan dengan membuka akses pelayanan tepat guna dan efisien melalui promosi dan pencegahan terintegrasi lintas sektor untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas. Produktivitas menjadi salah satu alat ukur nilai-nilai kesehatan menjadi kultur seharian.

          Kita menyadari saat ini pembangunan kesehatan sudah menyentuh berbagai kebutuhan elemen kemasyarakat, seperti program Jaminan Kesehatan Nasional JKN yg dikelola oleh BPJS Kesehatan dan berbagai intensifikasi pelayanan kepada masyarakat. Konsep dan implementasi ini memerlukan kerja keras dan kesinambungan terkait dengan sumber daya dan gagasan-gagasan baru untuk mewujudkan suatu pranata dan peradaban kesehatan bangsa.

          Pranata dan peradaban kesehatan bangsa bukanlah nilai yang berdiri sendiri. Pola pikir dan implementasinya perlu didukung oleh konsep-konsep yang berdasarkan energi, intelektualitas dan strategi politik kesehatan sebagai investasi yang berkemampuan memberdayakan nilai keunggulan sistem kesehatan nasional bersinergi dengan sistem ketahanan nasional. Sinergitas ini dalam konteks berikutnya akan membangun suatu framework nusantara sehat dalam kedaulatan bangsa

          Saya mengapresiasi tulisan yang dibuat oleh Dr.dr. Soroy Lardo, SpPD, sebagai dokter militer yang terus belajar dan mengembangkan nilai akademik dengan menuliskan ide-idenya sejak mahasiswa – menjalankan tugas sebagai TNI maupun sebagai dosen.  Buku karangannya yang berjudul “Sumber Daya dan gagasan Kesehatan Bangsa untuk Pembangunan berkelanjutan” merupakan bunga rampai tulisan2 singkat yang sangat beraneka ragam, dengan fokus yang luas, mulai dari Konsep Hidup Sehat dan Pranata kesehatan, sampai kepada Global Health Security Agenda. Berbagai gagasan & pemikiran yang diangkatnya mungkin perlu dianalisa dan dikembangkan lebih lanjut, namun saya berharap buku ini dapat memberikan manfaat sebagai salah satu sumbangan pemikiran seorang dokter spesialis dan prajurit TNI dalam perjuangan menuju pembangunan kesehatan semesta dan ketahanan Bangsa.

Jakarta, 14 Juli 2020

  1. Nafsiah Mboi, SpA MPH

Silakan dibuka PDF Beberapa Materi Sumber Daya dan Gagasan Kesehatan Bangsa untuk Pembangunan Berkelanjutan

 

           

 

 

Bagikan

Leave a Comment