Tahukah anda UPN Veteran Jakarta sebagai Universitas Bela Negara. Gelar ini akan melekat terus sejalan dengan perjuangan bangsa. Nilai kejuangan UUD 1945 dan Pancasila merekat erat dalam gerak dinamis metabolisme tubuh dan nafas-nafas enzimatis sirkulasi energi bela negara. Kenapa demikian? Inilah nilai keunggulan UPN Veteran, namun bukan militarisasi lho.

     UPN Veteran Jakarta sudah menjejak sejarah pendidikan bangsa, mengurai titik-titik perjuangannya mensimbah bak air mengalir, mengisi gelas yang kosong untuk terisi dan berkontribusi untuk kesehatan bagi yang meminumnya. Siklus ini akan berulang dan berkesinambungan selama tema pendidikan bangsa bergerak, sejak orde baru – reformasi – dan milenial. UPN Veteran Jakarta menumbuhkan cita kehidupannya melalui nafas kedisiplinan dan nilai juang untuk berkontribusi bagi bangsa yang lebih baik. Nilai kedisiplinan tersebut mengkultur kepada setiap insan mahasiswa untuk menguak setiap potensinya bahwa kami siap maju dan berkembang sesuai dengan visi bela negara.

Spirit Inovasi Bela Negara

        Mungkin tidak pernah terpikirkan kenapa sih UPN Veteran Jakarta berbeda dengan universitas umumnya. UPN Veteran lahir dari nama yang strategis yaitu jiwa ketahanan nasional sebagai inti pengabdiannya, bergerak dinamis menjadi nuansa sistimatis berpikir merajut nilai kebangsaan sebagai spirit menjalankan visi dan misi untuk mahasiswa. Terminologi pembangunan dan veteran merupakan filosofi spirit tempat berpijak awal menggaungkan nurani untuk menjejak kuat kepada perubahan dan menjadi agent of change dari proses pembangunan yang dijalankan dan agen kejuangan dari pembelajaran tanpa pamrihnya veteran menegakkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.

       Spirit inovasi merupakan inti kalbu setiap pendidik dan peserta didik menguak potensi langit dan bumi yang perlu diolah sebagai energi partisipatif yang membentuk energi energi baru inovasi, untuk perubahan yang lebih baik. Spirit inovasi ini bersirkulasi dalam sistem organisasi sebagai kekuatan struktural yang senantiasa mengawal kokohnya UPN Veteran sebagai competitive university.

    Kekuatan spirit inovasi adalah gagasan besar untuk mengembangkan nilai-nilai bela negara tidak semata dinamisnya kurikulum pendidikan berjalan, namun kultur dan semangat inspirasi sudah ditanamkan kepada setiap mahasiswa saat menjejakkan kakinya pertama kali di UPN Veteran. Pendidikan tersebut tidak sekedar mengandung pola pembelajaran yang sudah tersusun secara regular, namun nuansa pendidikan senantiasa diberikan ruang kejutan terhadap setiap alternatif pemikiran yang bersifat lateral bahkan out the box. Sebab setiap perubahan sejarah dimulai dari adanya pemikiran besar yang kadangkala tidak bisa dibaca saat ini.

Tombak excellent pendidikan dan penelitian

        Pendidikan dan penelitian adalah kereta yang perlu didayung dari setiap universitas. Tanpa kedua unsur pokok tersebut ‘bak’ rumah tangga tanpa keceriaan anak-anaknya. Rumah tangga yang kuat memiliki dimensi bangunan yang kokoh yang diisi dengan nilai ideologis untuk arti dan perjuangan kehidupan. Nilai ideologis tersebut menjadi kalbu setiap penghuninya untuk mendekap erat dalam menata kehidupan sejak pertumbuhan sampai dengan dewasa. Pertumbuhan yang menyeruak menjadi catatan dan tatanan penting bergeraknya dinamisasi kehidupan untuk berkembang sesuai potensi yang dimiliki setiap anak. Rumah tangga yang kuat menyediakan infrastruktur sebagai landasan untuk melangkah sejak menjejakkan kaki keluar rumah dan spirit untuk menggapai cita  melalui sepenuh jiwa kekuatan sebagai petarung ilmu.

      Universitas Pembangunan Veteran Jakarta merupakan bangunan yang menyediakan lahan untuk mahasiswanya, sehingga senantiasa menjejak nilai ideologis bela negara sebagai panutan dan petunjuk yang menjadi spirit dan inovasi menemukan nilai keilmuan baru berkelindan dengan kesetaraan untuk berkembang dengan asas kebersamaan. Nilai ideologis bela negara merupakan tataran yang perlu dikerahkan tidak sekedar sebagai simbol dan jargon menguak sebagai suatu pencitraan, namun memiliki suatu jalan setapak yang menjejak secara ‘istiqomah’ mengalirkan energinya sebagai arus yang bergerak menjadi arus besar perubahan.

    Energi arus besar tersebut adalah pendidikan dan penelitian. Tombaknya adalah fasilitas dan SDM yang mendukung terciptanya gerak dinamis jalannya pendidikan dan penelitian menggegam tangan-tangan potensi dosen dan mahasiswa dalam satu rajutan yang kuat. Kontribusi ini akan menajamkan tombak-tombak keilmuan sebagai nilai rahmatan lil alamin.

UPN Veteran Jakarta:Daya Juang Universitas Bela Negara

         Daya juang adalah kekuatan inti dari suatu pertarungan berdimensi kompetitif yang dilandasi oleh nilai kebenaran dan kejujuran. Pada hakikinya kedua nilai tersebut merupakan elemen dasar pembentuk karakter mahasiswa yang berjiwa bela negara. Pembentukan karakter tersebut tentunya tidak mudah, perlu suatu effort yang sedemikian kuat dengan menanamkan nilai ideologis, visi dan misi serta keteladanan setiap dosen menunjukkan jatirinya yang memiliki leadership kependidikan dan jiwa pengayoman. Daya juang tersebut dalam proses pembelajaran akan merekonstruksi batang tubuh bangunan universitas sebagai tiang-tiang penyangga keilmuan yang berbasiskan EBM namun diisi oleh spirit kejuangan bangsa yang sudah ditanamkan oleh para pengampu dan pendiri UPN Veteran sebagai nilai rohaniah kejuangan yang mengisi kolom-kolom tiang bangunan sehingga tetap kokoh dan berkampuan menahan setiap gelombang dan hambatan cita dan perspektif UPN Veteran lebih maju.

      Daya juang UPN Veteran adalah kekuatan urat nadi universitas keilmuan yang mengisi sirkulasi dan spirit kebangsaan yang memperkuat energi tubuh untuk bergerak dalam dimensi ketahanan nasional dalam kerangka kebinekaan, sebagai kesatuan nilai NKRI. Peran sebagai Universitas Bela Negara adalah menguatkan energi kinetik dan energi potensial bangsa melalui pembinaan keilmuan mahasiswanya tidak hanya lulus sarjana, namun menjadi serat kayu yang mengisi peradaban bangsa untuk lebih maju.

        Kekuatan bela negara sebagai energi kebangsaan akan membawa mahasiswanya sebagai bagian sejarah perjuangan bangsa yang mencakup aspek kehidupan dan eksistensi, sehingga perannya selalu berpupaya mengisi lingkungan strategis ketahanan nasional yang bergerak dinamis. Lulusan UPN Veteran melalui kultur pembelajaran sudah mengisi konstruksi berpikirnya, selain mengembangkan profesional keilmuannya disisi potensi tubuhnya melebarkan sayap partisipatif di masyarakat sebagai kekuatan belanegara bertumpu kepada kesejahteraan masyarakat. Penempaan yang berkelanjutan akan membentuk kepribadian untuk senatiasa siap sedia menghadapi setiap kompleksitas zaman.

      UPN Veteran sebagai center of competitive university bidang bela negara mengembangkan paradigma baru terkait dengan ketahanan nasional dengan memberikan suatu ide dan gagasan kebangsaan terhadap dinamisasi keilmuan terhadap kesatabilan bangsa (stability of changes) dan pemikiran komprehensif berbasiskan sistem dan model yang dapat berkelindan dan bermuatan sebagai penciptaan perilaku yang bergerak sebagai model sistem dinamik dan kebijakan dan strategi perilaku kebangsaan (behaviour science) sebagai strategi ketahanan nasional.  Berpijak kepada dimensi bela negara dan ketahanan nasional diharapkan UPN Veteran Jakarta akan menjejak kuat peran dan potensinya untuk bangsa.

Silahkan dibuka website:

https://upnvj.ac.id/id/berita/2019/09/rektor-upnvj-beri-penghargaan-dosen-dan-tendik-berdedikasi.html

Jakarta, 19 September 2019

Bagikan