Dimensi bela negara adalah koherensi yang bergelayut diantara spirit nilai-nilai kejuangan sebagai kekuatan historis yang memuat kata nilai mengkalbu untuk menjaga tapak-tapak kemerdekaan bangsa terjaga, ibarat air yang mengalir dengan kejernihan bernuansa merawat kesehatan bangsa sebagai suatu keniscayaan.

Dimensi bela negara adalah inherensi yang bergerak dinamis diantara tiang-tiang perubahan menopang satu tiang menuju tiang berikutnya, membawa spirit untuk mengawal kesehatan bangsa berkelindan diantara kapasitas keilmuan nilai-nilai teknologi yang terus berkembang berkelebat sebagai suatu optimisme harapan.

Dimensi bela negara adalah tertatanya peran dokter yang tidak sekedar bernafaskan nilai-nilai promotif – preventif dan kuratif. Perspektif dokter menuju nilai nilai baru sebagai agent of health defense yaitu: rapiddetectprevent dan respond.

Rapid adalah olah pikir berbasiskan dimensi ontologis untuk mendefinisikan peta masalah kesehatan di masyarakat yang mengurai sebagai akar-akar pohon yang perlu disemai dengan nutrisi dan pupuk yang bermutu. Rapid adalah nilai dasar dokter untuk pengabdian tanpa pamrih.

Detect adalah olah intelijen berbasiskan dimensi epistemiologis untuk memahami denyut denyut kebutuhan masyarakat akan pemulihan kesehatan hidupnya, tidak semata kualitas hidup sehat keseharian, namun merajut peran potensi multisektor kehidupan yakni sosial, ekonomi dan ketahanan desa yang perlu dirajut sebagai tombak-tombak kekuatan penopang konstruksi peran dokter untuk pembangunan kesehatan seutuhnya.

Prevent adalah nilai dasar dokter menumpukan inti kesehatan kepada pendekatan berkelanjutan untuk satu (one health) berbasiskan kepada continuum of care dan continum of community. Peran dokter dengan multipotensinya di setiap daerah memperkuat kompetensi dan kapasitas kalbu sosialnya, berkemampuan membuka akses partisipasi kesehatan masyarakat dengan memantau adanya faktor risiko komunitas (komorbid) dan intervensi protektif yakni mutu layanan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Respond adalah nilai dasar dokter dalam pengendalian sosial kesehatan menghadapi dinamika perubahan di masyarakat (community movement). Dokter di desa terlibat dalam manajemen swadaya masyarakat sebagai bagian dari satu tubuh desa yang saling terikat. Spirit keseharian IDI Reborn adalah menjaga aktifitas terpeliharanya rantai sosial berkembang secara positif dan kesadaran pentingnya kualitas hidup sehat di masyarakat. Sebagai agent of change perannya mengawal kontrol sosial dan memberikan solusi alternatif mengupgrade nilai empati sosial kesehatan masyarakat miskin untuk memiliki spirit tumbuhnya potensi keandalan sebagai sumber daya bangsa yang kuat.

Spirit bela negara IDI Reborn adalah merawat kontinuitas kesehatan di masyarakat terkait dengan interaksi dan interelasi sosial yang kondusif. Spiritnya adalah kekuatan potensi setiap IDI di daerah melaksanakan diversfikasi sosial dalam bentuk Social Care Associate Community (SCAC), membentuk karakteristik kemandirian kesehatan di masyarakat dan melaksanakan aksi nyata monitoring sosial yang terukur sebagai bagian kontrol sosial dan pencegahan penyakit.

SCAC dalam menjalankan fungsi-nya di bidang pencegahan penyakit memerlukan beberapa perangkat penting yaitu : (1) Peta geomedik sebagai pemetaan penyakit dan kemungkinan terjadinya suatu outbreak berbasiskan siklus ekosistem penularan penyakit, (2) Fasilitas monitoring komunitas, merupakan perangkat yang berkemampuan dalam perencanaan dan pemantauan pencegahan penyakit dan alat ukur untuk deteksi perkembangan penyakit. Fasilitas ini memiliki elemen-elemen Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tim gerak cepatnya (Tim Emergensi dan Disaster IDI) dan peralatan digital (Badan IT IDI) berkemampuan holistik dalam menentukan tingkat resiko yang dapat muncul, menuju keseimbangan ekosistem dalam interaksi agent-host dan environment.

IDI Reborn dan Penthelix Spirit Bela Negara

Pentahelix Spirit Bela Negara adalah konstruksi pengabdian dalam bidang kesehatan dan ketahanan bangsa yang melingkupi kapasitas mentransformasikan secara individual dan komunitas peran-peran untuk perubahan kualitas hidup sehat di masyarakat. Pentahelix merupakan tatanan rekonstruksi industri kesehatan yang menautkan sinergitas IDI dan pemerintah merajut pelayaan kesehatan yang berbasis komunitas dan kesejahteraan. Pentahelix spirit bela negara adalah social dan health resilience entrepreneurship. Bentuk fisik yang dicanangkan adalah adanya bangunan (infrastruktur kesehatan) yang optimal dan layak di berbagai stratifikasi kesehatan, namun secara kejiwaan memberikan suatu nilai kemudahan dan inovasi terpenuhinya kebutuhan dasar rakyat, hidup dengan kekuatan kesehatan dan ekonomi yang baik.

Pentahelix spirit bela negara menempatkan IDI Reborn sebagai titik sentral konsepsi substansi dan implementasi bersama dengan pemerintah, masyarakat, bisnis, akademisi dan media sebagai tali temali yang bersambung, membentuk gulungan yang kuat berjalannya program-program kesehatan yang menyentuh kebutuhan masyarakat.

Pentahelix spirit bela negara bersama pemerintah adalah mewujudkan enam pilar transformasi kesehatan berurai ‘bak’ enam sungai warna warni untuk memberikan nutrisi kesehatan di masyarakat dengan berbagai enzim berbeda, sehingga siklus kreb energi yang terwujud adalah insan-insan kesehatan dengan varian intelektualitas dan potensi beragam yang dibutuhkan untuk akselerasi kesehatan tidak semata untuk meningkatkan derajat kesehatan, namun berperspektif multi sintesis dan solutif untuk memecahkan kompleksitas kesehatan masyarakat.

Salah satu yang perlu diwujudkan adalah penguatan layanan primer sebagai center of health resilience community (CHRC).  Layanan primer secara infrastruktur dan SDM perlu secara massif dikembangkan terutama di setiap pelosok daerah, dengan harapan akan memperkuat suatu kaskade kekuatan kesehatan individu dan komunitas sebagai satu kesatuan dalam suatu teritorial kesehatan didukung Babinsa TNI. Pola ini akan membentuk jejaring pengaman kesehatan berkelanjutan, terbentuknya pemerataan kualitas kesehatan setiap daerah yang terjaga dengan baik.

Pentahelix spirit bela negara dengan masyarakat adalah memberdayakan institusi lembaga masyarakat di setiap daerah berperan dalam entrepreneurship pencegahan kesehatan sebagai suatu mekanisme kultural dan adapatif kesadaran masyarakat membangun dirinya untuk proses kemandirian pola hidup sehat ‘to do more’. Strategi kultural dan adaptif ini diharapkan dapat membuka kebekuan kesenjangan yang terkait dengan bidang kesehatan yaitu masalah geografi, sosio ekonomi, kerentanan paparan penyakit dianalisis sebagai bagian dari peta geomedik dan intelijen kesehatan. Analisis berbagai daerah yang berbeda akan menghasilkan rekomendasi struktur kebijakan dan partisipasi seperti apa kesehatan yang berintegrasi dengan peningkatan kapasitas sosial dan ekonomi di masyarakat.

Pentehelix spirit bela negara dalam lingkup bisnis adalah mengembangkan kesepahaman peran nilai keekonomian bisnis sebagai akulturasi dan daya dorong pembangunan kesehatan untuk derajat kesehatan yang lebih baik. Filosofis bisnis yang diwujudkan adalah nilai-nilai tanggung jawab sosial untuk mendukung pelayanan kesehatan di masyarakat untuk berkesinambungan, terutama dalam dukungan logistik kesehatan melalui jalur swadaya masyarakat. Ruang konstruksi bisnis yang perlu menjadi acuan adanya kesadaran bahwa masyarakat yang sehat merupakan human defense capital yang perlu terus dipupuk, secara tidak langsung membentuk budaya hidup sehat dalam bekerja dan hidup produktif. Tujuan akhir adalah kinerja kesehatan ketahanan bangsa yang menopang pertumbuhan ekonomi.

Pentahelix spirit bela negara akademisi adalah kesetaraan jiwa sebagai academic leader dan community leader. Sebagai academic leader kompetensi keilmuannya ditujukan untuk menjejakkan budaya ilmiah dan inovasi teknologi menjadi penemuan-penemuan untuk layanan kesehatan yang memiliki makna ganda yaitu optimasi dan bermanfaat. Nilai optimasi dan manfaat ini merajut suatu kolaborasi dan jejaring teknologi kesehatan untuk diagnostik dan terapeutik yang bernilai untuk mengatasi penyakit-penyakit yang memerlukan ‘teropongan’ dalam  upaya penyembuhan disisi lain berdampak kepada upaya-upaya preventif.

Pentahelix spirit bela negara media adalah menyatunya kalbu pro aktif kerjasama informasi yang bersifat terbuka dan transparansi berdasarkan integritas keilmuan yang dapat dipertanggung jawabkan. Istilah kerennya adanya expertise, moral community dan uji bukti (EBM). IDI dan Media hendaknya membentuk kerjasama timbal balik untuk mencerdaskan masyarakat  untuk membentuk momentum kesadaran kesehatan yang berkualitas melalui inner beauty kesehatan internal ( daya juang tubuh dan komunitas) dan inner beauty kesehatan eksternal ( daya juang media) untuk menjembatani setiap informasi kesehatan yang beredar di masyarakat sebagai informasi yang membangun kondusivitas masyarakat berkelanjutan, dengan gambaran seperti dibawah ini :

Gambar Pentahelix Spirit Bela Negara

Konsep To Do More dan Ketahanan Kesehatan Masyarakat

Konsep dasar to do more adalah memperkuat kapasitas akuntabilitas sosial dalam kesehatan dan ketahanan masyarakat dengan variabel utama kebijakan yang berorientasi kepada kebutuhan masyarakat bersinergi dengan peran profesionalitas kesehatan. Sinergitas ini membuka celah-celah peran dokter untuk menembus sekat realitas dan idealitas dalam pengabdian di masyarakat. Nilai idealitas berpijak kepada perspektif proses pendidikan yang sudah dijalani menjadi bernilai sebagai mata hati jalan penerang pengabdiannya di bidang pelayanan kesehatan tanpa pamrih, untuk menerobos relung gelap opini kesehatan di masyarakat meretaslorong-lorong edukasi dan informasi kesehatan yang dapat dipertanggung jawabkan. Nilai realitas bertumpu kepada perspektif mata amal kesenjangan implementasi kesehatan melalui peran partisipatif dan organisasi untuk memperkuat pondasi kesehatan di masyarakat menata fungsi tanggung jawab kemasyarakatan yaitu bakti kesehatan berkelanjutan budaya hidup sehat (kultur kesehatan) dan bakti kesehatan berkekuatan dinamis akar rumput (grass root) menembus pelosok desa untuk membuka pemberdayaan kesehatan dan kemanfaatan sosial (kultur ketahanan).

Spirit bela negara “to do more” adalah suatu gerakkan menyambangi setiap kalbu masyarakat untuk sadar akan potensi dirinya di dalam kebhinekaan dan nasionalisme memanfaatkan sumber daya bangsa kesehatan yang sedemikian luas. Sumber daya merupakan cawan kehidupan yang perlu dijaga dan diperjuangkan sebagai material-material yang membentuk kematangan masyarakat, khususnya di berbagai pelosok negeri untuk membangun jaring-jaring pelayanan nusantara sehat, tidak semata untuk itu, namun mewujudkan strategi “one health – one security” dengan prioritas strategi preventif, meresap dalam diri setiap insan rakyat Indonesia memelihara kultur ketahanan bangsa dan kita harus menjaganya sepanjang hayat

Strategi preventif dan kultur ketahanan bangsa merupakan bangunan yang harus diprakarsai oleh IDI Reborn untuk mendukung enam pilar transformasi kesehatan. Strategi ini memiliki makna setiap dokter di IDI cabang / daerah mengembangkan kompetensi spesifisitas dan spesifisitas keilmuan yang termaktub sebagai peran agent of change, agent of development, agent of treatment dan agent of health defense. Untuk menggapai hal tersebut memerlukan strategi berbasiskan spirit bela negara dengan perencanaan yang baik. Prinsip yang dikembangkan adalah: (1) Membuka ruang perubahan (shaper of change) di setiap jengkal kebijakan dan implementasi di lapangan spirit inovasi dalam pengabdian ilmunya di masyarakat. Inovasi tersebut mirip dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian masyarakat untuk menembus sekat-sekat keterpencilan multisektor kehidupan terbuka dengan akses pemberdayaan kesehatan. (2) Membuka ruang performance dan networking sebagai asas perubahan yang berdimensi sinergitas. Keragaman potensi IDI Cabang di setiap daerah yang berbeda merupakan suatu identifikasi dan akulturasi varian peran yang berbeda terkait kerjasama dengan pemerintah daerah. Misalnya daerah dengan potensi sulitnya akses transportasi kesehatan pengembangan Satgas Pengabdian yang dikembangkan di beberapa daerah terpencil membuka mata sedemikian besar kerjasama yang dapat dibangun dengan IDI keberlanjutan pembangunan kesehatan di daerah terpencil.

Keragaman potensi IDI di setiap daerah menunjukkan adanya suatu mutu kelembagaan yang terbentuk melalui suatu proses pendidikan berkelanjutan (PKB) yang membangun kultur pembelajaran setiap dokter tidak sekedar untuk keilmuan semata, namun adanya suatu kanal-kanal yang mengalir sebagai amal jariah bernilai kohesivitas, keandalan dan empati pengabdian masyarakat.

Konsep to do more merupakan upaya dan kerja keras IDI mengembangkan perannya di bidang pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian sebagai nilai pengabdian bertumpu kepada kebutuhan masyarakat. Ruang yang perlu digelar adalah keterbukaan mengkamodasi wahana yang seluasnya perkembangan teknologi kedokteran untuk menghasilkan dokter yang berkualitas. Perkembangan teknologi kedokteran ini diharapkan menjadi solusi pelayanan kesehatan selaras dengan situasi nasional dan global, didukung oleh penelitian klinis dan translasi yang mendukung pelayanan kesehatan. Integrasi pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian dalam proses perjalanannya akan merubah paradigma pola layanan profesional dari provider centered menjadi patient centered dan paradigma kolaborasi komunitas menguatkan kebijakan dengan berbagai pemangku kepentingan yaitu institusi akademik, profesional dan birokrasi kesehatan sebagai agen perubahan masyarakat.

Kesimpulan

Pentahelix Spirit Bela Negara adalah cerminan utama IDI Reborn sebagai agent of health defense mengembangkan perannya secara komprehensif untuk Pertahanan Negara. Kapabalitas yang perlu dibangun secara institusi dan individu adalah membuka ruang akuntabilitas sosial di bidang pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian sebagai bagian dari paradigma perubahan menuju social dan health resilience entrepreneurship.

Brigjen TNI Purn Dr.dr.Soroy Lardo, SpPD KPTI FINASIM, CIQnR, CIQaR

Peneliti Pusat Kajian Perencanaan dan Pengembangan Program Strategis (P2KP3S)

PB IDI

Algoritma IDI Reborn: Kultur Pentahelix Spirit Bela Negara dan Kesehatan

‘To do More’

Download PDF IDI Reborn: Kultur Pentahelix Spirit Bela Negara dan Kesehatan ‘To do More’

Bagikan