Dimensi kehidupan yang bergerak adalah alur dinamis menguak potret amal sejarah yang sudah dipatri, menjadi paten jariah yang tercatat dan terekam sebagai bukti keabadian. Seseorang atau kelompok bahkan organisasi, mencurahkan potensi elemen energinya sebagai tombak-tombak tajam menembus titik sasaran sebagai target transformasi, menciptakan varian dinamik kehidupan yang baru.

       Transformasi kehidupan menjadi keniscayaan dalam kontekstual filofosi untuk sehat yang bermakna, tidak semata mengemban optimasi fisik, rohani dan sosial semata, mengasah energi perubahan itu sendiri sebagai proses epistemiologis yang menggelinding menjadi bola-bola aksiologis menembus gawang stagnasi.

         Transformasi kesehatan menjadi cita yang bergerak kontinu, gerakan individual, komunitas dan kebangsaan menjadi kekuatan utama transformasi kebangsaan, menuju suatu kedaulatan yang mumpuni, yaitu ketahanan bangsa.

        Roda yang bergerak dengan jejarinya menjadi simpul perjuangan energi kinetik transformasi kesehatan menjadi mata rantai transformasi kebangsaan, Mengkait dua energi besar yaitu kebijakan yang partisipatif didukung oleh akumulasi kultur masyarakat sehat yang terus menapaki tangga demi tangga untuk perubahan.

Kesimpulan : Transformasi kehidupan memaknai dimensi filosofi sehat sebagai energi perubahan untuk menembus gawang stagnasi. Transformasi kesehatan menjadi energi kinetik kultur sehat berakumlasi sebagai transformasi kebangsaan berdaulat

Demikian sharing pertama : Transformasi Kesehatan – Transformasi Kebangsaan

Bagikan