Manajemen Kejadian Luar Biasa Infeksi

NETWORKING THINKER DARURAT KESEHATAN INFEKSI

            Peneraan hidup menguak tatanan penyakit infeksi yang bergerak eksponensial, menuju suatu Kejadian Luar Biasa (KLB). Kita tidak bisa menarik garis lurus diantara deret ukur merebaknya penyebaran infeksi dengan deret hitung upaya penanganannya. Sungguh, penyakit infeksi adalah dinamika kehidupan yang sudah terjadi sejak historis dunia ini merebak.

            Dinamika varian dan kompleksitas penyakit infeksi saat ini (Covid 19) telah menata dunia sebagai Public Health Emergency of International Concern. Gerakan virulensi, gerilya  biomolekuler di sirkulasi menguak dimensi baru imunopatogenesis penyakit ini, yang mungkin dengan sitokin yang silent namun menyengat menggerus sistem imun kita. Karakteristik virus ini memang memacu para periset ulung untuk mengikuti gerak lincah (evasion) yang bermutasi dari satu ekspresi gen menuju ekspresi gen berikutnya.

            Covid 19 adalah penjelajahan baru virus yang bergerak elastis dalam tubuh, pola viremia, sitokin, maupun intervensi tingkat endotel dengan mekanisme kompleksnya, menunjukkan bahwa ekskalasi untuk beberapa bulan ke depan kita perlu berhadapan dengan kekuatan bersama, yaitu sinergitas kesehatan bangsa untuk ketahanan nasional (Rapid – Detect – Respons)

            Kuncinya adalah system thinker berbasiskan leadership responsibility yang berkemampuan menggerakkan networking thinker dalam satu kapal besar yang memuat belahan potensi kerjasama institusi pelayanan (RS) – pendidikan dan lembaga riset menjadi satu kebijakan yaitu: fight Covid 19 dengan muatan kapal yang penuh bahan bakar dan mengeliminasinya pada titik terendahnya.

            Buku Manajemen Kejadian Luar Biasa (Outbreak) Infeksi Perspektif Epidemiologi Klinis (PDF Lengkap) hanyalah salah satu titik pemikiran untuk mengisi berbagai kontribusi pemikiran para pakar yang sudah tentu dapat melihat kondisi kedepan yang dapat dan tidak dapat diprediksi, dengan membuat kebijakan yang tepat. Mudah-mudahan buku ini menjadi salah satu pengisi catatan halaman kebijakan tersebut.

Kita hadapi Covid 19 dengan kesabaran dan pemberdayaan yang tinggi fungsi-fungsi kesehatan bangsa.

Manajemen Kejadian Luar Biasa (Outbreak) Infeksi.PDF

Bagikan

Leave a Comment