Kaleidoskop Riset Kesehatan Angkatan Darat : Sebongkah Kecil Spirit Hesti Wira Sakti (Bagian 3)

     

          “Saya akan bantu Lakesmil dengan sekuat tenaga, bagaimanapun Lakesmil sebagai lembaga riset kesehatan angkatan darat memiliki potensi besar untuk maju dan berkembang “ demikian diungkapkan oleh rekan sejawat dan kerjasama riset kami dr Isra Wahid, PhD dari Bagian Parasitologi Fakultas Kedokteran UNHAS. dr Isra demikian panggilan kami sehari-hari, saking ‘militannya’ membantu Lakesmil,  oleh Kepala Lakesmil diangkat menjadi anggota khusus untuk  membangun spirit riset yang saat itu mulai merekah.

       Penelitian Lakesmil dengan UNHAS merupakan pertalian kerjasama riset penuh makna, sebab kami menjalaninya dalam fase-fase yang cukup sulit, selain dana yang minim, kami selalu berkreatifitas mengatur perencanaan penelitian agar bisa mencapai tujuan yang optimal. Selain  publikasi internasional juga bermanfaat bagi rencana riset kedepan terkait dengan kebijakan prajurit dalam menjalani tugas operasi.

         Beberapa penelitian yang sudah dilaksanakan dipimpin oleh Dr Waras Budiman diantaranya Anopheles Mapping pada daerah operasi pengamanan perbatasan di Papua sebagai upaya dalam pengendalian nyamuk anopheles penyebab penyakit malaria tahun 2015  dan Karakterisasi Genotype Plasmodium Falciparum Strain Indonesia, Sebagai Kandidat Vaksin Malaria Strain Indonesia. Kedua penelitian ini  sebagian pengolahan data sudah selesai sedang dibuat publikasinya.

       Kerjasama dan kegiatan penelitian dengan dr Isra tentunya berbeda dengan penelitian dengan lembaga lain, dr Isra mengajarkan kami bagaimana melaksanakan penelitian di lapangan dengan ceria dan menyenangkan walaupun menembus medan yang sulit, dengan menikmati sebagai peneliti lapangan yang menyatu dengan alam.

      Jiwa peneliti militer memang harus dibangun untuk tahan banting menghadapi berbagai kompleksitas yang terjadi dilapangan. Namun prinsip utama adalah memiliki jiwa juang dan petarung yang dilandasi dengan keikhlasan sebagai seorang peneliti. Peneliti militer, seperti peneliti pada umumnya merupakan dunia yang berbeda dengan keseharian. Sudah tentu Sapta Marga dan Sumpah  Prajurit menjadi salah satu landasannya. Semangat juangnya adalah menjalin suatu kolaborasi yang efektif dengan berbagai jejaring, sehingga mendapatkan nilai tambah yang tidak hanya pengalaman sebagai peneliti, tetapi juga jiwa korsa bahwa Lakesmil merupakan tempat utama pengabdiannya, tidak hanya sekedar numpang lewat.

      Konsep kedepan yang perlu dibangun untuk perwira periset muda kesehatan angkatan darat adalah spirit dan kebanggaan kepada lembaga risetnya, menuntut pengembangan lebih lanjut dan melanjutkan estafet kepemimpinan riset dengan karya-karya yang lebih ‘milenial’ menghadapi revolusi 4.0.

       Semoga militansi dan konsistensi tetapi menjadi ‘ikon’ membangun riset di kesehatan angkatan darat. Kami tunggu kiprah berikutnya……

Bagikan

Leave a Comment