oleh:

Brigjen TNI Purn. Dr.dr.Soroy Lardo, SpPD KPTI FINASIM

Direktur UPNVERI-UPN Veteran Health Research Institute

Alumni TOT Lemhannas Gel. III- 2022

Merebaknya dimensi altruisme dalam kesehatan dan ketahanan bangsa adalah tali temali yang mengkait diantara kebijakan yang bertumpu kepada pro aktif kesehatan masyarakat dan partisipasi yang pro daya untuk berdaulatnya perspektif dan daya juang kesehatan bangsa untuk memperkuat pertahanan negara. Kedua dimensi daya juang bergulir ‘bak’ bulir-bulir padi yang semakin tumbuh dan meraup kematangan untuk disemai, memberikan kemanfaatan bagi penggunanya, mengalirkan energi-energi kualitas kesehatan baru untuk berkinerja lebih baik untuk bangsa.

Energi kualitas kesehatan baru adalah cara pandang dan cara tindak memahami kompleksitas kesehatan tidak berdasarkan semata egosentris dan etnosentris keilmuan, bahwa keilmuan dan kompetensi yang dimiliki sebagai problem solver problematika kesehatan bangsa saat ini, namun menuangkan siklus metabolisme yang menggerakkan sirkulasi inner beauty tubuh memproduksi daya energi dan respon imun tubuh yang bergerak semesta mengkolaborasi kerendahan hati setiap kompetensi keilmuan untuk menjalin bersama sebagai multi etnosentris keilmuan, dengan mengedepankan nilai multisolutif, multisinergi dan multisintesis yang berdampak kesejahteraan masyarakat.

Multietnosentris keilmuan merupakan perspektif menuangkan kapasitas filosofi keilmuan yang berbasiskan suatu proses kontemplasi keilmuan untuk mendefinisikan kembali peran-perannya untuk kesehatan dan ketahanan bangsa. Jika dimasa kemerdekaan ada konsep Perang Rakyat Semesta, konsep ini menggaungkan sebagai back bone keilmuan yang menggulirkan enam pilar transformasi kesehatan bergerak lebih laju, yaitu kesehatan semesta rakyat.

Sudah tentu, pergerakan enam pilar transformasi kesehatan tidak dapat bergerak sendiri. Kapasitas pendukung terkait dengan Kesehatan Matra merupakan tataran penting untuk menopang Kesehatan Pertahanan kita menjadi lebih solid, yaitu pertahanan yang menjaga kedaulatan bangsa. Mengutip Sambutan Menteri Pertahanan saat upacara pembukaan pendidikan Universitas Pertahanan, Jum’at tgl 2 September 2022 bahwa Pertahanan adalah hal yang mutlak” Kalau kita kaya, kita harus menjaga kekayaan, Kalau kita ingin merdeka, kita harus kuat menjaga kemerdekaan. Kalau kita ingin berdaulat, kita harus kuat menjaga kedaulatan”

Spirit nilai juang multipotensi

Dimensi Kesehatan dan Ketahanan Bangsa saat ini menjejak nilai kejuangan pemberdayaan multipotensi, ditujukan untuk membuka rangkaian bunga-bunga yang akan merekah dengan syarat bergulirnya kesadaran kesehatan sebagai nilai berharga yang perlu didekap dan disalurkan dalam bentuk rangkuman lembar demi lembar transformasi kesehatan.

Buku rangkuman tersebut saat ini terbuka lebar, mengurai lembaran panjang nilai kejuangan untuk ikut terlibat dalam pentahelix spirit bela negara di bidang kesehatan yang melingkupi enam pilar transformasi kesehatan, penguatan layanan primer (Health Resilience), Kolaborasi Teknologi Kedokteran untuk Preventif, Transparansi Publik Integritas Keilmuan dan Tanggung Jawab Sosial Intervensi Kesehatan Komunitas.

Spirit Kesehatan dan Ketahanan Bangsa merupakan nilai futuristik yang perlu dibangun bernafaskan nasionalisme untuk kemandirian yang memuat kesadaran SDM kesehatan untuk menjujung tinggi integritas kejujuran dan kompetensi sebagai norma utama kesejawatan, membangun jejaring kuat di bidang teknologi kedokteran berorientasi kepada kemashalatan masyarakat, di dukung oleh partisipasi masyarakat adanya nilai dan tepat guna terhadap perbaikan kualitas hidup sehat.

Spirit Kesehatan dan Ketahanan Bangsa adalah nilai perwujudan adanya tangan tangan yang menjangkau bangkit lebih kuat derajat kesehatan masyarakat yang mengarusutamakan nilai-nilai enterpreunership layanan kesehatan primer untuk berdaya tidak semata kepada kuratif, namun adanya suatu kohesi sosial yang bergerak dinamis dan berkelanjutan mengimbas masuk setiap relung – relung di masyarakat dengan masing-masing kearifan lokal setiap daerah sampai pelosok bangsa memiliki kesadaran untuk membantun kultur kesehatan dan ketahanan futuristik bahwa spirit komunitas kesehatan preventif adalah dimensi hulu yang perlu di dayagunakan secara bertaut dan komprehensif.

Spirit Kesehatan dan Ketahanan Bangsa hendaknya tanaman-tanaman yang perlu disemai dengan istiqomah, menjejak bumi dan menaik langit yaitu adanya kesadaran nilai-nilai kompetensi dan keilmuan yang dikembangkan memiliki dimensi kerohaniaan yaitu perilaku kualitas hidup sehat sebagai kultur kesehatan dan ketahanan bangsa.

Kita perlu menautkan suatu pendidikan dan penelitian yang mengkalbukan kapasitas kultur dan perilaku hidup sehat menjadi tombak-tombak futuristik kultur kesehatan bangsa.

Download PDF Transformasi Kesehatan dalam Perspektif Ketahanan Bangsa

Bagikan