Sumber Daya Kesehatan Bangsa

Kata Pengantar

(252 Halaman)

            Nusantara sehat dan kedaulatan bangsa merupakan tautan penting ‘bak’ jabat tangan erat yang enggan lepas. Keduanya memuat gagasan dan sumber daya yang perlu dibangun dan dipertahankan dengan sekuat tenaga. Nusantara sehat adalah wadahnya dan Kedaulatan bangsa adalah tiang-tiang kokoh. Nusantara sehat menjelajah tanah-tanah di pelosok dengan menyapa ramah problematika kesehatan dan memberikan alur sintesis dan solusinya. Kedaulatan bangsa memberikan pisau tajam menguatkan dan memutus mata rantai penyakit untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas.

            Nusantara sehat dan kedaulatan Bangsa tidak sekedar melihat dari perspektif kuratif, preventif, rehabilitatif dan promotif. Terbentang luas paparan dan alam kesehatan di negri yang sangat besar ini, nilai-nilai dan pola kesehatan yang terkait dengan dimensi kultural dan sosial. Pendekatan yang diperlukan tentunya tidaklah sekedar kebijakan yang bertumpu kepada data-data statistik kesehatan, tetapi melihat lorong yang lebih luas terdapatnya data-data kekuatan muatan lokal untuk menguatkan sistem kesehatan nasional, diantaranya penguatan health security.

            Nusantara sehat dan kedaulatan bangsa adalah integritas dari wawasan kesehatan nusantara, memberikan pintu-pintu terbuka investasi dan enterpreunership kesehatan dapat berkembang di masyarakat. Tali temali ini memerlukan sumber daya yang mumpuni baik tenaga kesehatan, puskesmas, posyandu, rumah sakit dan rumah sakit rujukan. Rantai ini saling bertaut membangun tidak hanya evakuasi medis, namun transformasi kualitas kesehatan yang lebih baik.

            Nusantara sehat dan kedaulatan bangsa memberikan paradigma berpikir tentang bagaimana membangun suatu System thinker dan Networking thinker. System thinker adalah kompetensi dan profesionalitas kesehatan yang mumpuni yang mampu menembus sekat pelayanan kesehatan dan membauat kanal-kanal baru. Networking thinker adalah jejaring sosial yang dapat didayagunakan sebagai kekuatan teritorial bangsa untuk kualitas hidup sehat yang lebih baik.

            Kumpulan tulisan ini merupakan kunci-kunci untuk pemberdayaan kesehatan bangsa yang memiliki rantai inti: Pemberdayaan Teritorial dan Integrasi Kesehatan Bangsa – Sustanaibility Development Community – Community Oriented Health BaseChanging Medicine – Changing Society.

Semoga Bermanfaat

Jakarta, 16 November 2019

Bagikan

Comments are closed.