IDC POTENSI RISET RSPAD GATOT SOEBROTO

INDONESIA ARMY CENTRAL HOSPITAL GATOT SOEBROTO DAN LEMBAGA KESEHATAN MILITER (LAKESMIL)

Adalah Center of Empowermen Riset Kesehatan Angkatan Darat : Ternyata RSPAD Gatot Soebroto dan Lakesmil Ditkesad memiliki potensi terpendam di bidang riset. Hari Rabu, 3 Desember 2014 di MABES TNI AD Lakesmil mempresentasikan enam hasil penelitian “Bottom Up”. Salah satunya Ekstrak cempedak sebagai profilaksis malaria. 

Penelitian randomized Clinical Trial (RCT) kerjasama dengan Institute Tropical Disease (ITD) UNAIR pada prajurit TNI AD yang menjalani tugas operasi perbatasan di Kalimantan-Malaysia. Mendapatkan perhatian untuk penelitian lanjutan di Papua sebagai daerah high endemik, RSPAD Gatot SOebroto merupakan sayap utamanya disamping Lakesmil.

Sebagai rumah sakit rujukan TNI tertinggi, tiga alasan yang mendasari,

    1. RSPAD GS memiliki sistem organisasi yang sudah mapan dengan pola dan alur komando yang jelas terkait pelayanan dan Litbang.
    2. Sudah lulus JCI dimana persyaratan berikutnya harus mengembangkan riset jika ingin tetap dalam koridor JCI.
    3. Memiliki SDM mumpuni baik spesialis dan sub spesialis, tenaga perawat yang tidak hanya bertumpu kepada pelayanan, terlihat saat perjuangan JCI sejawat perawat sudah bertransformasi kearah perbaikan mandiri, bertransformasi secara sistem memajukan pelayanan rumah sakit terkait dengan pendidian, penelitian dan pengembangan. Termasuk bidang lain sebagai pendukung pelayanan dan pendidikan. foto dibawah ini (saat itu mendapatkan kunjungan Ka Balitbang Depkes DR Trihono), menunjukkan RSPAD mampu untuk itu. Yuk kita mulai, karena memerlukan komitmen bersama.

Bagikan

Comments are closed.