Inovasi Riset Malaria TNI

Inovasi itu adalah suatu pola pikir yang bertumpu kepada pencerahan kehidupan dan out the box untuk menjejakkan sejarah dalam pengabdian di tempat tugas.

Setiap prajurit tentunya ingin menorehkan peran dan kontribusinya untuk TNI. Medan pengabdian sedemikian luas, baik OMP (Operasi Militer Perang) dan OMSP (Operasi Militer Selain perang)

OMSP merupakan “ikon” yang menjadi dambaan masyarakat saat ini, setelah AMD dan AMT yang selama ini berjalan. Penugasan dibidang kebencanaan, dengan keikhlasan pengabdian menjadi tuntunannya.

Fungsi Penguatan Kesehatan TNI adalah Pelayanan Kesehatan, Dukungan Kesehatan dan Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (Litbang Han)

Litbanghan merupakan energi dan spirit baru di TNI, perlu upaya dan kerja keras untuk mewujudkannya menjadi keunggulan TNI yang berbasiskan riset militer. Untuk mewujudkannya memerlukan proses yang panjang.

Salah satu yang menjadi “pembuka” Riset TNI khususnya di Kesehatan TNI adalah penelitian Randomized Clinical Trial : Preeliminary Study and Toxicity of Cempedak Capsules as an Alternatif Complementary Drug for Malaria Prophylaxis at Nanga Badau.

Penelitian ini berjalan dan berproses melalui suatu perjuangan yang “sangat keras” sejak perencanaan, pelaksanaan dan publikasi internasional.

Kegiatan ini sudah dipresentasikan di ICMM (International Congress of Military Medicine) Bali 2015 dan dipublikasikan di Jurnal Internasional : International Review of The Armed Forces Medical Services Vol 89/4 Desember 2016

Dapat dilihat di Google schoolar atau website soroylardo.com/News/RCT International Publication

Salam sehat, untuk Riset TNI yang lebih maju.

Bagikan

Comments are closed.